Optimisme Roman Abramovich Terhadap Pemilik Baru Chelsea

By ommed


nusakini.com - Pengusaha asal Rusia Roman Abromovich optimistis Chelsea akan menjadi lebih besar di masa mendatang dengan menganggap konsorsium Todd Boehly sebagai sosok yang tepat untuk The Blues.

Abramovich membeli Chelsea pada musim panas 2003. Selama berada di bawah kendali salah satu oligarki Rusia ini, Chelsea meraih kesuksesan besar. Mereka mampu menjuarai berbagai kompetisi domestikan, dan dua kali mengangkat trofi Liga Champions.

Hanya saja, kebersamaan Abramovich dengan Chelsea harus berakhir pada tahun ini akibat pembekuan aset sang taipan yang dilakukan pemerintah Inggris terkait invasi Rusia ke Ukraina.


Kini Chelsea akan mempunyai pemilik baru. Pengambilalihan kepemilikan Chelsea ini akan lengkap pada pekan depan, terutama setelah pengelola Liga Primer Inggris memberikan lampu hijau.

Boehly disebut akan berinvestasi hingga £4,25 miliar, atau sekitar Rp78,2 biliun, dengan nilai penjualan sebesar £2,5 miliar, plus kesepakatan untuk menyuntikkan investasi senilai £1,75 miliar untuk Chelsea selama sepuluh tahun ke depan. Abramovich optimistis Boehly bisa membawa Chelsea menjadi lebih besar.

“Sudah hampir tiga bulan sejak saya mengumumkan niat menjual Chelsea. Selama waktu ini, tim telah bekerja keras untuk menemukan sosok yang tepat untuk Chelsea yang memiliki posisi terbaik untuk memimpin Klub ke fase berikutnya dengan sukses,” tulis Abramovich di laman resmi klub.

“Kepemilikan klub ini diiringi dengan tanggung jawab yang besar. Sejak saya datang ke Chelsea hampir 20 tahun yang lalu, saya telah menyaksikan secara langsung apa yang bisa dicapai Klub ini.”

“Tujuan saya adalah untuk memastikan pemilik berikutnya memiliki pola pikir yang akan bisa mendatangkan kesuksesan bagi tim sepakbola pria dan wanita, serta keinginan dan dorongan untuk terus mengembangkan aspek-aspek kunci lain klub, seperti akademi dan Chelsea Foundation.”

“Saya senang pencarian ini sekarang telah sampai pada kesimpulan yang jelas. Saat saya menyerahkan Chelsea kepada sosok baru, saya ingin mendoakan yang terbaik untuk mereka, baik di dalam maupun di luar lapangan.”

“Merupakan suatu kehormatan seumur hidup untuk menjadi bagian dari klub ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pemain, staf, dan tentu saja suporter Klub untuk tahun-tahun yang luar biasa.” (gi/om)